Ade Komarudin Bicara soal Pekerja Ilegal dari Tiongkok

722

Mantan Ketua DPR RI, Ade Komarudin mengingatkan pemerintah serius menyelesaikan masalah tenaga kerja asing (TKA) ilegal, khususnya dari Tiongkok yang sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Menurut Politikus Partai Golkar tersebut, dalam mengawali tahun 2017, pemerintah harus benar-benar memprioritaskan masalah ini.

“Saya memang tidak mampu mengidentifikasi berapa jumlah pastinya di seluruh Indonesia. Tetapi waktu saya berkunjung ke beberapa daerah, seperti Cilegon, Banten, itu ada dua ribuan lebih TKA ilegal asal Tiongkok. Lalu ada juga di Bali,” kata Ade di Jakarta, Minggu, 25 Desember 2016.

Ade memaklumi, Indonesia memiliki kerja sama ekonomi, maupun bisnis dengan Tiongkok. Termasuk banyak menggunakan mesin dari Tiongkok. Tapi sangat ironi kalau TKA itu merupakan buruh kasar yang ilegal.

Padahal angka pengangguran di Indonesia juga semakin banyak tiap tahunnya. Sehingga, tegas Ade, pemerintah perlu memberi solusi untuk hal tersebut.

“Pengangguran kita masih besar. Ironi sekali kalau negara ini justru menampung tenaga kerja asing ilegal itu,” ujar Akom, sapaan akrab Ade Komarudin.

Sumber: viva.co.id

comments

Loading...

LEAVE A REPLY