Ustadz Somad Dipulangkan Hong Kong, Zulhas: Pemerintah Harus Minta Penjelasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyesalkan perlakuan tidak menyenangkan otoritas pemerintah Hong Kong kepada Ustadz Abdul Somad.

Ustadz Somad dihadang dan dideportasi oleh petugas otoritas Hong Kong begitu tiba di Bandara Internasional Hong Kong, Sabtu (23/12). Ustadz kondang asal Riau itu datang ke Hong Kong memenuhi undangan WNI untuk menyampaikan ceramah.

“Menyesalkan kejadian yang dialami Ustadz Abdul Somad di Hong Kong. Yang paling mendasar dari kejadian ini adalah negara seharusnya hadir membela rakyat,” kata Zulkifli melalui akun twitternya miliknya, @ZUL_Hasan, beberapa jam lalu.

Zulhas, demikian ia disapa, menganggap perlu bagi pemerintah untuk meminta klarifikasi terkait pemulangan Ustadz Somad.

“Kenapa Ustadz Somad dipulangkan? Karena stigma teroris pada muslim Indonesia, atau karena apa? Penjelasan ini penting agar kejadian yang sama tidak terulang pada warga negara Indonesia yang lain,” kicau Zulhas lagi.

Ketua Umum PAN ini mengingatkan bahwa mencegah kedatangan seseorang adalah hak imigrasi Hong Kong yang harus dihormati. Tapi Indonesia punya perwakilan seperti KJRI yang bisa meminta penjelasan Tiongkok.

“Hubungan diplomasi Indonesia dan Tiongkok dijalankan dengan prinsip setara: berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. Itulah mengapa pemerintah Indonesia perlu meminta penjelasan,” masih kata Zulhas.[dem]

Sumber: rmol.co

comments

LEAVE A REPLY