Terungkap! Gara-gara Inilah Dana Calon Jemaah First Travel Lenyap Tak Berbekas

5309

Kasus penipuan jamaah umroh yang dilakukan agen perjalanan First Travel tidak lepas dari sang pemilik perusaahan tersebut. Pasangan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan adalah pemilik agen perjalanan First Travel.

Uang yang sudah ditransfer oleh calon jamaah umroh pun lenyap, sehingga banyak dari mereka tidak bisa berangkat menunaikan ibadah umrohnya. Dilansir dilaman Tribunnews.com, diketahui dana First Travel yang sudah terkumpul oleh calon jamaah umroh digunakan oleh pasangan tersebut untuk investasi dan memperkaya diri.

Mereka diketahui membeli properti dan juga mobil-mobil mewah.

“Iya betul, uangnya sebagian digunakan untuk beli rumah dan kendaraan, sebagian diinvestasikan, dan ada yang untuk kepentingan pribadi,” kata Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kiagus Ahmad Badaruddin, kepada Tribun, Senin (21/8) malam.

“Investasi juga ada. Ada yang dia simpan dalam bentuk valuta asing karena dia kan bisnisnya di bidang travel ke luar negeri. Lalu, ada yang bentuk asuransi dan surat berjangka,” ungkap Kiagus.

Bahkan yang lebih mengenaskan adalah, istri dari Andika Surachman, Anniesa Hasibuan diketahui suka membeli barang-barang pribadi yang bermerek dengan harga yang fantastis.

“Barang pribadi yang dibeli macam-macam, ada tas, sepatu, dan lain-lain,” kata Kiagus lebih lanjut. Hal itu diketahui dari Anniesa sendiri yang sering memamerkan barang-barang mewah tersebut lewat akun media sosialnya.

Barang-barang seperti tas merek Hermes, Chanel, Moschino, Valentino, Fendi, Dior, Louis Vuitton hingga MCM yang harganya sangat luar biasa.

Namun kuasa hukum Anniesa Hasibuan, Deski membantah bahwa mereka mengunakan dana jamaahnya untuk membeli barang-barang mewah tersebut.

Menurutnya, barang-barang mewah tersebut dibeli dari keuntungan selama mereka mereka mengelola Firts Travel selama 7 tahun.

“Kalau dibilang, jangan-jangan uang jemaah dipakai? Wajarlah, keuntungan dia ada. Selama berdiri 7 tahun memang cari, makanya di situ. Tapi kalau uang jemaah dipakai, saya rasa enggak,” kata Deski di kantor Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, 11 Agustus 2017 lalu.

“Jadi begini, memang penghasilan Andika dan Anniesa dari First Travel, wajar dong mereka menikmati,” katanya. Seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Perlu diketahui dana First Travel yang tersisa di bank saat kedok mereka terbongkar hanya Rp2,8 juta. Aniesa sendiri diketahui memang seorang perancang busana yang telah melanglang buana.

Berikut adalah 5 fakta tentang bagaimana sosok Anniesa Hasibuan yang dirangkum oleh Grid.ID kutipan dari anniesahasibuan.com

1. Lahir dari keluarga sederhana

Meski sekarang sudah terkenal karena karya-karyanya, ternyata Anniesa Hasibuan lahir dari keluarga yang biasa saja.

Ia lahir di Jakarta pada tanggal 30 Juli, tumbuh besar dengan didikan ayahnya yang merupakan seorang pengusaha adalah inspirasi terbesarnya untuk menjadi sukses seperti sekarang.

Meskipun begitu, sang ayah selalu menanamkan sifat mandiri kepada istri dari Andika Surachman ini untuk mengasah kemampuan yang ada pada dirinya.

2. Hobi menggambar sejak kecil

Menggambar adalah hobi yang dimilki Anniesa sejak kecil, dan hal ini didukung secara penuh oleh orang tuanya.

Dukungan juga datang dari sang suami yang melihat potensi menggambar Anniesa dalam merancang busana yang dibuatnya untuk dipakai olehnya dan keluarga.

Sang suami pula yang memberi saran kepada Anniesa untuk melebarkan sayapnya pada dunia fashion dengan merancang baju bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk orang lain.

Hal itulah yang membuat Anniesa memberanikan diri membuka butik fashion yang menjual baju hasil rancangan Anniesa yang dapat digunakan di berbagai acara.

3. Sudah menggelar fashion show di luar negeri

Bukan hanya di Indonesia, karya dari Anniesa sudah mulai dikenal di luar negeri sejak tahun 2015 lalu.

Anniesa menggelar debut pertamanya di kalangan internasional pada suatu acara peragaan busana di London, Inggris pada bulan Maret 2015.

Hal yang membanggakan pula, ia merupakan desainer hijab pertama yang ikut dalam New York Fashion Fashion Week.

4. Tidak ada latar belakang pendidikan di bidang fashion

Perjalanan karir Anniesa Hasibuan sebagai perancang busana semata-mata didukung karena mimpi dan hobi menggambar yang dimilikinya.

Anniesa sama sekali tidak punya latar belakang pendidikan di dunia mode sama sekali, meski begitu ia tetap percaya dan terus belajar, karena ia percaya tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Sumber: tribunnews.com | grid.id | kabaronline

comments

LEAVE A REPLY